Aquasprite Theme Demo

EL NINO DAN LA NINA

8/25/2009 , Posted by childy aditya lockerhearts at 01.53

beberapa tahun yg lalu antara tahun 1997 sampi 1998 , indonesia mengalami suatu prubahan ekstrim yg beda dari biasanya yg di sebut EL NINO dan LA NINA ..!!!
peristiwa ini di awali dengan fase el nino pada tahun 1997 kemudian fase la nina pada tahun 1998 ,

el nino merupakan suatu fase panas dari perputaran iklim dunia dimana temperature muka laut samudra pasifik di sekitar ekuator naik hingga 4* C di atas normal , perubahan ini juga mempengaruhi pola arah angin dan curah hujan di atasnya . el nino berlangsung antara 10-18 tahun dengan periode antara 2-7 tahun dengan fsae dingin la nina .!!!!


la nina merupakan suatu fase dingin dari siklus el nino . pda fase la nina , muka air laut samudra pasifik di sekitar ekuator mengalami penurunan temperatur hingga 4*c di bawah normal , terjadi pergeseran sirkulasi udara sehingga udara bergerak ke atas (konveksi)..!!!
akibat fase el nino , pda tahun 1997 pergerakan udara selanjutnya , musim kemarau di indonesia menjadi maju beberapa bulan dan musim hujan pun mundur beberapa bulan dari biasanya , saat itu , indonesia mengalami kekeringan yg sangat dahsyat yg ditandai dgn banyaknya hutan yg terbakar terutama pulau kalimantan dan sumatera , tanaman pertanian saat itu pun banyak yg mengalami gagal panen !!!

pada fase la nina akibat yg ditimbulkan yaitu , pda tahun 1998 terjadi banyak aktivitas pemanasan udara keatas,yang memungkinkn timbulnya awan konveksi dan terjdinya hujan konveksi , akibat lebih lanjut , yaitu musim indonesia saat itu menjadi lebih maju beberapa bulan dengan cerah di atas normal , kemarau saat itu menjadi musim basah ..!!!!

selesai hufff

viva el nino and la nina .

ikhsan aditya L







> fasa la nina<<<



>>>fasa el nino<<<

Currently have 1 komentar:

  1. sisi cute says:

    jade , kpan lgi el nino dan la nina terjdi lage .

    soalnya oetu aku jga petani .

    ksih taw ya

Leave a Reply

Posting Komentar